Cara menentukan segmentasi pasar Cara menentukan segmentasi pasar
Cara menentukan segmen pasar untuk medapatkan target market yang tepat sehingga lebih terarah dan mempermudah mencapai target Cara menentukan segmentasi pasar

Dikutip dari Wikipedia, segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Cara menentukan Segmen Pasar

Photo by Lukas from Pexels

Dengan demikian, dapat diartikan bahwa segmentasi pasar merupakan kegiatan yang memiliki maksud untuk menentukan pasar yang tepat bagi keberlangsungan bisnis atau perusahaan.
Tujuan melakukan segmentasi pasar adalah agar mempermudah dalam meraih goals, melalui pendekatan yang sesuai dengan kriteria bisnis atau perusahaan.

Cara mudah menentukan segmentasi pasar:

  1. Menentukan target market :

    Langkah ini dimaksudkan untuk menentukan segmentasi pasar atau siapakah yang akan menjadi target. Target market ini terdiri dari pelanggan baru, pelanggan khusus dan pelanggan lain-lain /umum. Langkah berikutnya adalah masukkan kriteria sebagai berikut : Demographic, Media, Life style atau gaya hidup, Status sosial/ekonomi dan Waktu

  2. Masalah dan solusi:

    Setiap target pelanggan memiliki berbagai masalahnya yang berbeda. Maka, memahami masalah dan menemukan solusi untuk mereka adalah suatu kewajiban. Sehingga harus menemukan dan mengerti apa yang diinginkan oleh mereka.

  3. Aktivitas pelanggan:

    Mengetahui aktivitas yang sering dilakukan pelanggan mulai dari sebelum, saat hingga sesudah menggunakan produk/ layanan yang Anda.

    Ini merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan segmentasi pasar yang sudah Anda buat.

  4. Pelajari siklusnya:

    Hal ini akan mempengaruhi apakah produk /jasa Anda apakah bisa diterima oleh segmen pasar atau tidak. Pelajari hal yang menjadi aktivitas, kemauan, tindakan, dan hal yang dilakukan oleh pelanggan. Maka, hal-hal kecil yang menghambat perkembangan bisnis Anda bisa segera ditangani.

  5. Tetapkan tujuan:

    Setiap segmentasi di atas memiliki perbedaan karakter, kebutuhan, keinginan, dan perilaku. Dengan adanya perbedaan tersebut, tugas kita adalah membuat segmentasi pasar tersebut memiliki satu tujuan yang kuat agar menggunakan produk/layanan Anda.

Mulailah lakukan dari hal yang kecil terlebih dahulu seperti diskusi, sharing atau bertanya mengenai hal tersebut menuju tahap berikutnya untuk hasil yang lebih besar. Segmentasi ini akan sangat berguna untuk mendapatkan informasi yang lebih aktual dan proses yang lebih efektif.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.